PT. Bintang Toedjoe ( Extra Joss )
Nama : Devi permatasari
Npm : 11215758
Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi
Tahun 2018/2019
PENDAHULUAN
Profil Perusahaan Bintang Toedjoe
PT Bintang Toedjoe merupakan salah satu anak perusahaan terbesar dari PT Kalbe Farma Group, yang notabene merupakan perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. Bintang Toedjoe sendiri didirikan pada tanggal 29 April 1946. Pada saat itu Tan Jun She bersama dengan menantunya yang bernama Tjia Pu Tjien dan Hioe On Tjan ingin mendirikan sebuah perusahaan farmasi yang kemudian diberi nama Bintang Toedjoe. Nama Bintang Toedjoe sendiri muncul karena terinspirasi dari anak Tan Jun yang berjumlah tujuh orang. Resep pertama yang diracik Tan Jun adalah obat sakit kepala yang kemudian diberi nama Puyer Bintang Toedjoe No. 16. Produk buatan Tan Jun direspon cukup baik di pasaran, sehingga dia mulai memproduksi obat dalam skala lebih besar di pabrik. Tak memerlukan waktu yang lama bagi Puyer No. 16 untuk merajai pasaran. Terbukti bahwa obat sakit kepala yang manjur dengan harga terjangkau ini banyak dicari oleh konsumen Indonesia. Tak khayal bahwa pabrik obat sakit kepala ini kemudian dipindahkan dari yang semula di Garut menuju ke Jakarta.
Sejalan dengan permintaan konsumen yang semakin bervariasi akan jenis obat, akhirnya pada tahu 1974 Bintang Toedjoe mulai memproduksi obat resep dokter (ethical). Kemajuan ini juga dibantu dengan semakin banyaknya ahli farmasi dalam kegiatan produksi perusahaan. Beberapa tahun berselang, tepatnya pada tahun 1985, Bintang Toedjoe diakuisisi oleh Kalbe Farma yang menyebabkan semakin berkembangnya bisnis yang dihadapi Bintang Toedjoe. Sektor pasar Bintang Toedjoe merupakan kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan produk farmasi yang berkualitas namun dengan harga terjangkau. Seiring dengan jumlah produksi yang semakin meningkat. Akhirnya pada tahun 1993 Bintang Toedjoe memindahkan lokasi produksinya ke Kawasan Industri Pulogadung dengan menempati area seluas 12.000 meter persegi. Pada tahun 2002, Bintang Toejdoe juga membuka pabrik bagi di atas tanah seluas 25.000 meter persegi. Dengan kedua pabrik tersebut Bintang Toejdoe masih tetap beroperasi hingga saat ini. Adapun beberapa penghargaan yang telah diraih Bintang Toedjoe antara lain menerima sertifikasi CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dari Departemen Kesehatan RI tahun 1994 untuk pabrik Pulogadung, dan sertifikat ISO 9001 pada tahun 1997 (PT Bintang Toedjoe menjadi salah satu perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang menerimanya). Selain itu Bintang Toedjoe juga memperoleh sertifikat bertaraf internasional, yakni ISO 14000, HACCP, dan OHSAS. Beberapa produk buatan Bintang Toedjoe antara lain Extra Joss, E-Juss, Komix dan produk warisan Puyer Bintang Toedjoe No. 16.
Visi dan Misi Bintang Toedjoe
Visi Bintang Toedjoe adalah untuk menjadi produsen produk-produk kesehatan terkemuka yang mendominasi pasar di Indonesia. Oleh karenanya, diperlukan ujung tombak sales dan marketing yang mampu memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia yang sangat beragam. Keanekaragaman ini juga yang menyusun team sales dan marketing Bintang Toedjoe, yang tersebar di seluruh nusantara dan menelurkan ide-ide kreatif dan inovatif, sesuai dengan karakter tiap daerah dimana produk kami dipasarkan.
Misi Bintang Toedjoe adalah meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik. Bintang Toedjoe mulai memproduksi obat resep dokter pada tahun 1970-an. Kemudian pada tahun 1985, Kalbe Group membeli Bintang Toedjoe, dan selanjutnya berkembang dengan pesat. Mulai diekspor ke mancanegara pada tahun 1990, itulah produk-produk Bintang Toedjoe dalam perkembangannya. Seiring dengan peningkatan produksinya, tempat di kawasan Cempaka Putih sudah tak memadai lagi, alhasil Bintang Toedjoe pindah ke kawasan Industri Pulogadung pada tahun 1993, seluas ribu meter persegi demikian area yang ditempatinya. Selanjutnya September 2002, kantor pusat pindah ke Pulomas, sementara pabriknya tetap di Pulogadung. Pada area yang ditempati hingga saat ini, selain daripada pabrik juga terdapat kantor pusat Bintang Toedjoe. Bintang Toedjoe adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang tak hanya memproduksi obat-obatan, akan tetapi juga memproduksi fitofarmaka dan suplemen makanan. Saat ini PT Bintang Toedjoe dipimpin oleh seorang Direktur, Simon Jonatan.
Extra Joss
Pada 14 Agustus 1994 lahirlah Extra Joss yang kelahirannya diprakarsai oleh pemikiran bahwa kian hari kian banyak orang yang memerlukan minuman energi atau minuman kesehatan termasuk dari kalangan status ekonomi sosial menengah ke bawah. Soalnya ketika itu harga jual produk minuman energi yang ada belum terjangkau oleh status ekonomi sosial menengah ke bawah sebab belum ada yang bermain di pasar tersebut sehingga Bintang Toedjoe melakukan terobosan membuat inovasi supaya harga jual produk menjadi lebih terjangkau terutama oleh status ekonomi sosial menengah ke bawah. Produk Extra Joss mengalami penjualan yang boom dengan mengandalkan cita rasa yang berkualitas dan slogan tersohor, “Ini biangnya. Buat apa beli botolnya?” Penayangan di televisi komersial dan radio membuat promo tersebut menjadikan Extra Joss sebagai produk berjaya, alhasil terjadi kehabisan stok barang di mana-mana dan menggelorakan pabrik untuk beroperasi tanpa henti.
Sesudah berhasil menembus golongan menengah ke bawah, Extra Joss selanjutnya meningkatkan citra kepada golongan menengah e atas, seraya menunjukkan kebesaran dan kekuatannya. Biang 2000 Extra Joss turut mewarnai tema pergantian milenium yang baru. Selanjutnya, pada tahun 2001, Extra Joss dipromosikan sebagai menembus impian dan emosi masyarakat dengan memakai tajuk Generasi Biang (Genbi). Selanjutnya muncullah tokoh-tokoh yang dianggap sebagai Generasi Biang selaku cerminan personifikasi Extra Joss yang maju dan anti kemapanan seperti Ahmad Dhani, Sujiwo Tedjo, Sarah Sechan, Melly Goeslow, Lisa Rumbewas, Taufik Hidayat. Extra Joss pada tahun 2009 mendapatkan tiga penghargaan, yakni Best Brand Platinum 2009 dari SWA dan Mars sebab sudah memenangkan IBBA 7 tahun berturut-turut, Indonesia Customer Satisfaction Award 2009 dari SWA dan Frontier, serta The Most Powerful Distribution Performance 2009 dari SWA dan Majalah Mix. Menjadi salah satu ikon merek kebanggaan bangsa Indonesia, dengan bangganya kami Extra Joss mencapai pencapaian tersebut.
Manfaat produk Extra joss
Meningkatkan daya tahan tubuh
Suplemen berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun perlu diingat bahwa suplemen jenis ini hanya membantu, bukan faktor penentu. Meski dikonsumsi terus-menerus, tetap saja akan berisiko terkena penyakit
2. Meningkatkan kemampuan otak
Suplemen ini berdampak pada kebugaran pada anak, sehingga ia lebih bersemangat dan giat belajar. Namun bila anak tidak belajar, meski minum secara teratur pun mustahil prestasinya tidak akan meningkat.
3. Suplemen makanan
Suplemen hanya membantu dan bukan menggantikan makanan. Demikian pula dalam pemberian vitamin, terutama vitamin A, D, E dan K yang kelebihannya tidak dapat terbuang lewat air seni karena vitamin-vitamin tersebut tidak larut dalam air. Endapannya dalam lemak akan berdampak negatif pada tubuh, salah satunya adalah merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya.
4. Meningkatkan nafsu makan
Suplemen ini dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak, walaupun penggunaannya dapat dikonsultasikan dengan dokter.
Analisa swot Extra Joss
Kekuatan
1.Extra Joss pernah mengadakan uji nyali dan iklannya selalu menantang untuk uji nyali.
2. Extra Joss dapat diminum bagi penderita diabetes dan orang yang membutuhkan makanan berkalori rendah.
3. Mencantumkan layanan pelanggan sehingga lebih terbuka kepada konsumen.
4. Memiliki unsur vitamin B yang banyak yang termasuk salah satu unsur yang dibtuhkan tubuh.
5. Extra Joss melakukan strategi pemasaran dengan melakukan ekspor yang tersedia di Malaysia, Filipina.
Kelemahan
1. Extra Joss dipasarkan lebih ke produk oriented dan tidak costomer oriented. Extra Joss terlalu berafiliasi pada menjual sebanyak mungkin dibanding mengelola pasar dan mengelola merek
2. Mengandung bahan Aspartame yang membahayakan tubuh sehingga tidak bisa diminum anak-anak,ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui.
3. Extra Joss tidak memiliki variasi rasa sehingga konsumen kemungkinan akan merasa bosan.
Peluang
1. Bisnis minuman penambah tenaga memliki demand dan prospek pasar yang menjanjikan
2. Extra Joss juga mampu memanfaatkan moment-moment seperti saat piala dunia 2010 mengembangkan resep-resep baru untuk penghilang rasa kantuk Joss hangat seperti susu, teh atau jahe dicampurkan dengan Extra Joss.
3. Pasar minuman energi semakin berkembang seiring dengan semakin meningkatnya kesejahteraan dan tingkat kesadaran masyarakat terhadap stamina tubuh.
Ancaman
1. Adanya pemain-pemain baru dari produk yang sama atau dari barang substitusi (pengganti) seperti saat ini adanya produk isotonic (penganti cairan tubuh yang mengandung elektolit) dengan berbagai varian.
2. Pertumbuhan tehambat karena pertumbuhan produk yang sama saling memperebutkan pasar senilai 1 triliun / tahun dengan pertumbuhan mencapai 10 %.
3. Saat mengeluarkan produknya Extra Joss berkeyakinan kuat bahwa minuman berenergi satu rasa, tapi dari segi pasar para pemain ketiga mengeluarkan berbagai varian yang ternyata bisa diterima masyarakat. Dengan adanya penetrasi pasar Extra Joss menjadikan Extra Joss follower bukan lagi menjadi Market Leader.
Pemasaran Extra Joss
Mengingat kompetensi inti PT Bintang Toedjoe terletak pada obat-obatan farmasi berbentuk serbuk dan dikemas di dalam sachet, maka Bintang Toedjoe bermaksud menyajikan minuman kesehatan serbuk dalam kemasan sachet pula. Dengan begitu, Bintang Toedjoe mampu menekan biaya penjualan karena produk tidak memerlukan kemasan botol dan transportasi menjadi lebih efisien. Strategi Pemasarannya Konsep pemasaran yang diterapkan pada produk Extra Joss ini adalah konsep penjualan dimana sebuah organisasi untuk mencapai kesuksesan harus melakukan penjualan dan promosi secara agresif yang dikombinasikan dengan konsep produk dimana konsep produk menekankan pada mutu, kinerja dan inovasi dari prouk itu sendiri. Sebagai minuman yang berenergi dan pelepas dahaga Extra Joss telah terbukti melakukan pemasaran dengan cukup gencar. Hal ini terbukti dari deretan artis top dan bintang sepak bola yang membintangi setiap iklan Extra Joss yang tayang di televisi. Simak saja group band Ungu yang pernah membintangi produk ini, juara tinju dunia kelas bulu Chris John yang juga sempat menjadi bintang produk ini. Kemudian iklan yang paling gress yang masih tayang saat ini yang dibintangi oleh Cinta Laura. Dari sepak bola nasional Bambang Pamungks, Ponaryo Astaman sempat menghiasi iklan produk ini. Pemasaran Extra Joss untuk mendapatkan tempat dihati masyarakat ternyata tidak sampai disitu, bintang Manchester United yang kini menjadi pemian terbaik dunia juga pernah membintangi iklan produk ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung Extra Joss harus terbang ke Italyuntuk pembuatan iklannya, dimana dalam iklan ini dibintangi oleh Alessandro Del Piero sang legenda hidup pemain sepak bola Italy yang kini bermain untuk Juventus. Siapa Konsumennya Target pasar Extra Joss sendiri adalah para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga.
Target pasar ini dinilai sesuai dengan komponen yang terkandung dalam Extra Joss dimana bertujuan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga cocok buat mereka. Perbandingan dengan Produk Lain Extra Joss apabila di bandingkan dengan produk lain misalnya kukubima , keduanya sama-sama memproduksi minuman energi dengan kualitas dan bahan yang sama-sama bagus.Kedua produk ini sama-sama di produksi untuk menyegarkan tubuh dan menguatkan tubuh dari rasa lelah.Target pasarnya pun sama yaitu para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga.Produk Extra Joss dan Kukubima adalah produk yang dihasilkan dalam negeri yang tidak kalah bagus dengan minuman ber energi lainnya yang di produksi di luar negeri.
Extra Joss Go Internasional
Alasan Extra Joss Go Internasional karena Extra Joss merupakan produk minuman berenergi yang memiliki kualitas terbaik dalam negeri dan di prediksi mampu bersaing dengan minuman berenergi lainnya yang di produksi di luar negeri.Terbukti bahwa minuman produksi PT. Bintang Todjoeh ini telah diekspor ke Filipina dan menguasai 80% pasar minuman berenergi di sana. Sementara di Malaysia sejak masuk negara ini pada 2007, penjualan Extra Joss telah mencapai 100ribu dolar AS per-bulan. Sedangkan di Vietnam, penjualannya mencapai Rp. 2 miliar per-tahun.
Lingkungan Global Extra Joss (Negara Filipina)
Peninggalan tertulis Filipina dimulai sekitar abad ke-8 berdasarkan temuan lempeng tembaga di dekat Manila. Dari tulisan pada lempeng itu diketahui bahwa Filipina berada dalam pengaruh Sriwijaya. Namun demikian bukti tertulis ini sangat sedikit sehingga bahkan ahli-ahli sejarah Filipina masih beranggapan sejarah Filipina dimulai pada era kolonialisme. Sebelum orang-orang Spanyol datang pada abad ke-16, di Filipina berdiri kerajaan-kerajaan kecil yang bercorak animisme yang terpengaruh sedikit kultur India dan yang bercorak Islam di bagian selatan kepulauan. Kerajaan-kerajaan muslim ini mendapat pengaruh kuat dari Kerajaan Malaka. Sepanjang masa 265 tahun, Filipina merupakan koloni Kerajaan Spanyol (1565-1821) dan selama 77 tahun berikutnya diangkat menjadi provinsi Spanyol (1821-1898). Negara ini mendapat nama Filipina setelah diperintah oleh penguasa Spanyol, Raja Felipe II. Periode Persemakmuran dipotong Perang Dunia II saat Filipina berada di bawah pendudukan Jepang. Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaannya (de facto) pada 4 Juli 1946. Masa-masa penjajahan asing ini sangat memengaruhi kebudayaan dan masyarakat Filipina. Negara ini dikenal mempunyai Gereja Katolik Roma yang kuat dan merupakan salah satu dari dua negara yang didominasi umat Katolik di Asia selain Timor Leste.
Kami memilih Filipina sebagai negara tujuan, karena sektor ekonomi, politik, dan hukum di negara tersebut sangat baik, lingkungan sosial budaya di negara tersebut juga hampir mirip dengan Indonesia sehingga tidak akan terlalu sulit untuk memasarkan Ekstra Joss ke negara tersebut. Extra Joss berhasil memimpin pasar di segmen minuman energi dengan pangsa pasar 80% senilai Rp 130 miliar dan memberikan kontribusi penjualan 20% dari total penjualan Extra Joss.
Ekonomi
Laporan ini mendiskusikan siklus dan pola tak berkelanjutan pertumbuhan ekonomi Filipina, faktor yang menjerumuskan siklus ekonomi ke bawah, kontribusi beberapa sektor dan strategi pertumbuhan tersirat, pengaruh lapangan pekerjaan berdasarkan jender, dan keadaan sumber daya alam dan lingkungan negeri ini. Tulisan ini memberikan argumen bahwa pola siklikal pertumbuhan dan pergeraan pendapatan ternyata berhubungan tidak hanya atas pola pengeluaran pada tingkat makro, keadaan politik pemilihan dan pertumbuhan pada tingkat sektoral dan regional. Hal-hal tadi juga dipengaruhi oleh ketidakberlanjutan strategi pertumbuhan sebelum 1980-an, keterbatasan strategi liberalisasi saat ini, dan keadaan sumber daya alam dan lingkungan negeri ini.
Balance On Payment (Neraca Pembayaran)
Neraca Pembayaran Negara Filipina 2012
(Balance of payments of the Republic of Philippines)
(dalam juta dollar)
Transaksi Berjalan
7177
Barang dan Jasa
-11.124
Eksport
69.721
Import
(80.845)
Pendapatan
-871
penerimaan
7732
pengeluaran
(8603)
Transfer Berjalan
19172
Penerimaan
19718
pengeluaran
(546)
Neraca keuangan dan Modal
5701
Neraca modal (capital account )
181
Neraca keuangan (financial account)
5520
(direct and portofolio investment)
Financial derivatives and other investment)
Ralat dan krtinggalan = (3642) + Total neraca Pembayaran 2016 = US$ 9.236
Hambatan Perdagangan
Tariff
Tariff yang berlaku berdasarkan AFTA sebesar 0-5%
Non-Tariff
Dalam hal pengurusan dokumen untuk pengiriman serta dalam menerapkan implementasi ASEAN Single Window. Permasalahan infrastruktur yang dinilai penting karena dapat meningkatkan tingkat kompetitif dalam bidang perdagangan.
Pendapatan Per Kapita dan Nilai Tukar
o Pendapatan per kapita Filipina sebesar 3.725 dollar
o 1 USD = 43.5650 PHP (Peso Filipina)
o 1 PHP = 266.3180 IDR (Rupiah Indonesia)
Riset Pasar Internasional
Pembinaan dan pengembangan aliansi dengan mitra kerja internasional telah mendorong pengembangan usaha di pasar internasional dan partisipasi dalam proyek-proyek riset dan pengembangan yang canggih serta memberi kontribusi. Pelaksanaan konsolidasi Grup pada tahun 2005 telah memperkuat kemampuan produksi, pemasaran dan keuangan sehingga meningkatkan kapabilitas dalam rangka memperluas usaha bintang toedjoe baik di tingkat lokal maupun internasional.
(Product, Price, Place, Promotion) Global
Product
Produk Extra Joss tidak ada perubahan di pasar Filipina baik itu rasa, kandungan dan kemasan tetap sama seperti dari negara asalnya Indonesia. Hanya teks dalam kemasan saja yang diganti dengan bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan rasa, kandungan, dan kemasan Extra Joss diterima dengan baik oleh konsumen di Filipina.
Manfaat:
membantu memelihara kesehatan tubuh, menyegarkan badan dan membantu metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi
dapat digunakan untuk penderita diabetes dan orang yang membutuhkan makanan berkalori rendah
produk ini tidak dianjurkan pada anak-anak,wanita hamil, dan menyusui serta penderita hipertensi.
Price
Harga Extra Joss di Filipina sebesar 5 peso atau sekitar Rp 1000 per sachet. Harga tersebut jauh lebih murah dari harga Lippovitan kaleng dan Red Bull kaleng dimana produk tersebut sebagai penguasa pasar energy drink di Filipina yang harganya 20-25 peso per kaleng.
Place
Extra Joss memilih dan berkonsentrasi di Manila dalam kemunculan pertamanya di Filipina. Dari sisi strata ekonomi sama, jumlah penduduknya besar, dan Manila banyak dihuni oleh pekerja jalanan atau pekerja bangunan (blue colar - streetfighter). Mereka inilah target market Extra Joss yang potensial. Sama seperti Jakarta, jalanan di Manila didominasi oleh angkutan umum atau yang lebih dikenal dengan Jeepney dan taksi. Jumlahnya lebih besar daripada Mikrolet di Jakarta. Untuk memenuhi distribusi di daerah Filipina maka Extra Joss (PT. Bintang Toedjoe) melakukan pembentukan perusahaan patungan atau joint venture dengan ARC HoldingsInc. sebuah perusahaan Filipina, untuk memasarkan produk minuman energy Extra Joss di Filipina.
Promotion
Dengan tagline Ang puro purong lakas, Kalimat berbahasa Tagalog yang menjadi tagline Extra Joss di Filipina. Kalimat yang artinya kira-kira, “Ini biangnya buat apa botolnya”. Iklan-iklan Extra Joss mulai diperdengarkan lewat radio dan TV di Manila. Iklannya dibuat di Manila dan menggunakan bintang iklan dari Filipina. Stiker besar ditempelkan di ribuan Jeepney, dan sekitar 200 ribu sachet Extra Joss dibagikan gratis sebagai sampling selama beberapa bulan. PT. Bintang Toedjoe bekerja sama dengan klubManchester City untuk menjadi sponsor Manchester City di wilayah Asia tenggara.
Terima kasih infonya, salam dari duniaindustri.com -- startup big data dan riset pasar khusus segmen industri dengan berbagai fitur antara lain customized direktori perusahaan untuk menjaring konsumen korporasi potensial.
BalasHapus